Tips Menjaga Gadget Tetap Aman Ketika Gunakan WiFi Umum | Artikel Poster

Tips Menjaga Gadget Tetap Aman Ketika Gunakan WiFi Umum


Tips Menjaga Gadget Tetap Aman Ketika Gunakan WiFi Umum

Foto: Wi-Fi. ©2014 Artikel Poster


Artikel Poster - Tips Menjaga Gadget Tetap Aman Ketika Gunakan WiFi Umum | Walaupun di Indonesia, masalah keamanan data tidak begitu menjadi perhatian utama, namun banyak di negara-negara berkembang dan maju lainnya, hal tersebut sangat diperhatikan.


Ada kalanya, pengguna perangkat mobile menggunakan layanan Wi-Fi yang dipancarkan secara gratis di tempat-tempat umum. Namun, ada kalanya justru hal itu sangat berbahaya, karena menurut beberapa penelitian terdahulu, cybercriminal ternyata juga mengincar hotspot gratis untuk menyebarkan virus buatan mereka.


Oleh karena itu dibutuhkan penanganan dan perhatian khusus agar perangkat tidak terkena serangan malware atau sejenisnya. Berikut langkah-langkah mudah agar perangkat tetap dalam keadaan 'sehat' walaupun menggunakan layanan Wi-Fi gratisan.


1. Jaga perangkat tetap bersih

Agar terhindar dari serangan phishing, malware, virus, spam dan sejenisnya, ada baiknya perangkat harus mendapatkan update antivirus terbaru. Selain itu, pemilik perangkat juga wajib melindungi gadgetnya dengan firewall serta patch operating system terbaru.


2. Pikir ulang sebelum menggunakan WiFi umum

Banyak tempat sekarang ini yang sudah menjadi hotspot gratisan dan dapat digunakan siapa saja, khususnya di area-area penting seperti bandara, hotel, restoran, taman, museum dan lainnya.


Akan tetapi, tidak semua jaringan Wi-Fi yang dipancarkan tersebut aman. Jadi disarankan untuk tetap waspada dan berjaga-jaga ketika menggunakan fasilitas Wi-Fi di tempat umum.


3. Layanan WiFi berbayar tidak selalu aman

Memang ada pemikiran bahwa menggunakan layanan Wi-Fi yang berbayar akan terhindar dari segala macam masalah, terutama penyebaran malware. Namun menurut beberapa pengamat keamanan jaringan, tidak berarti bahwa layanan Wi-Fi berbayar selalu aman.


Hal itu dikarenakan aktivitas dan aksi para peretas sekarang ini sudah dapat menembus jaringan yang sebelumnya dianggap aman.


4. Kenali layanan WiFi yang akan digunakan

Ada kalanya, seseorang mendapatkan jaringan Wi-Fi gratis ketika berada di suatu tempat. Agar terhindar dari berbagai ancaman, ada baiknya untuk mengetahui siapa pemilik dari jaringan Wi-Fi tersebut.


5. Enkripsi informasi penting di dalam peringkat

Langkah yang paling akhir untuk mengamankan perangkat termasuk data-data penting di dalamnya adalah dengan melakukan enkripsi. Ketika menggunakan layanan Wi-Fi di tempat umum, disarankan untuk menggunakan virtual private network (VPN). 


Dengan menggunakan VPN, walaupun antivirus dan firewall berhasil ditembus, setidaknya data-data penting sudah terenskripsi dengan aman.

0 Response to "Tips Menjaga Gadget Tetap Aman Ketika Gunakan WiFi Umum"

Posting Komentar