Mucul Email Palsu Bank Indonesia, Masyarakat Diminta Waspada | Artikel Poster

Mucul Email Palsu Bank Indonesia, Masyarakat Diminta Waspada


Mucul Email Palsu Bank Indonesia, Masyarakat Diminta Waspada


Foto: Ilustrasi online. ©Shutterstock/IM_photo

Reporter: Angga Silalahi


Artikel Poster - Mucul Email Palsu Bank Indonesia, Masyarakat Diminta Waspada | Bank lndonesia Solo meminta masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan sehubungan dengan munculnya email terkait dengan peningkatan perlindungan nasabah online. Bank lndonesia merasa tidak pernah meminta data masyarakat via online.


Menurut Kepala Perwakilan Bank lndonesia Solo Ismet Inono mengatakan, email yang beredar tersebut merupakan email palsu yang dapat dibuat oleh siapapun dengan menggunakan email domain @bi.go.id. Email palsu tersebut dikenal dengan sebutan phising, yaitu tindakan memperoleh informasi pribadi seperti user-id, password dan data-data sensitif lainnya dengan menyamar sebagai orang atau organisasi yang berwenang melalui sebuah e-mail dan selanjutnya data tersebut digunakan oleh pelaku untuk bertransaksi melalui internet banking.


"Bank lndonesia telah melaporkan kasus ini kepada lndonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure / Coordination Center (Id-SIRTII/CC), sebagai lembaga di bawah koordinasi Kementerian Komunikasi dan Informasi yang bertugas melakukan pengawasan keamanan jaringan telekomunikasi berbasis protokol internet," ujar Ismet, Sabtu (26/7).


Ismet mengatakan, pengaduan tersebut telah ditindaklanjuti oleh Id-SIRTII/CC dengan penghapusan link web penipuan pada 12 Mei 2014. Sehubungan dengan hal tersebut Bank lndonesia mengimbau agar masyarakat waspada terhadap penipuan tersebut.


"Kami mengimbau perbankan agar mengingatkan para nasabah agar lebih berhati-hati apabila menerima informasi atau melaksanakan perintah yang terdapat dalam e-mail tersebut dan meminta nasabah untuk memverifikasi alamat e-mail kepada call center masing-masing bank," tegasnya.


"Kami juga meminta kalangan perbankan agar memasang banner atau pengumuman di website internet banking, mengingat modus operandi yang digunakan adalah melalui internet banking ataupun mengirimkan SMS blast kepada kepada seluruh nasabah," tegasnya lagi.


Ismet mengatakan, apabila diperlukan keterangan lebih lanjut, Bank lndonesia telah menyediakan telepon contact center BICARA 500131 atau Divisi Perlindungan Konsumen Sistem Pembayaran (021) 29818776.

0 Response to "Mucul Email Palsu Bank Indonesia, Masyarakat Diminta Waspada"

Posting Komentar