Sudah Tak Terkendali, 143 Juta Virus Kacaukan Tahun 2014! | Artikel Poster

Sudah Tak Terkendali, 143 Juta Virus Kacaukan Tahun 2014!


Sudah Tak Terkendali, 143 Juta Virus Kacaukan Tahun 2014!


Foto: Ilustrasi Virus Komputer. ©2014 Artikel Poster




Artikel Poster - Sudah Tak Terkendali, 143 Juta Virus Kacaukan Tahun 2014! | Di tahun 2014, kita melihat kemunculan virus-virus yang mampu menggemparkan dunia, sebut saja Heartbleed dan Shellshock. Namun di samping dua virus populer itu, ternyata ada jutaan virus yang selalu siap mengancam komputer dan smartphone Anda.





Menurut antivirus 'detektor' buatan perusahaan AV-Test, tahun 2014 terdapat sekitar 143 juta virus yang berhasil terdeteksi. Jumlah tersebut meningkat 72 persen dari jumlah virus di tahun 2013, CNET (09/01).





Tidak salah bila akhirnya AV-Test mengatakan bila jumlah virus di tahun 2013 dan 2014 jika ditambahkan jumlahnya melebihi jumlah virus selama kurun waktu 10 tahun sebelumnya!





Kebangkitan virus juga diamini oleh produsen software keamanan seperti KasperSky dan Malwarebytes. Menurut keduanya, tren kemunculan viru baru terus meningkat setiap harinya.





"Kita sedang melihat peningkatan virus 10 kali lipat di tahun 2014 bila dibanding tahun 2013," ujar salah satu ilmuwan KasperSky.





Celakanya, usaha untuk melindungi diri dari serangan virus semakin hari semakin mustahil. Para hacker semakin lihai 'mengacak-acak' kode virus agar tidak mudah dibunuh atau ditemukan oleh antivirus. Bahkan, terkadang mereka bisa mengunduh kode virus secara gratis di internet lalu memodifikasinya sendiri.





"Jika terus seperti ini, akan tidak mungkin untuk mempertahankan diri dari virus lagi," kata Jerome Segura, ilmuwan senior di Malwarebytes.





Lalu apa yang kita bisa lakukan saat ini? Selain memasang antivirus, para pakar keamanan internet menyarankan setiap netizen untuk menghindari situs-situs mencurigakan atau yang terlihat menawarkan hal-hal (data) yang 'terlalu' menggiurkan.


0 Response to "Sudah Tak Terkendali, 143 Juta Virus Kacaukan Tahun 2014!"

Posting Komentar