Pemudik Yang Lalui Lintas Jabar Naik Menjadi 14 Juta Kendaraan | Artikel Poster

Pemudik Yang Lalui Lintas Jabar Naik Menjadi 14 Juta Kendaraan


Pemudik Yang Lalui Lintas Jabar Naik Menjadi 14 Juta Kendaraan


Foto: Ilustrasi Mudik. ©2014 Artikel Poster

Reporter: Benny Wijaya


Artikel Poster - Pemudik Yang Lalui Lintas Jabar Naik Menjadi 14 Juta Kendaraan | Jumlah pemudik yang melintasi di Jawa Barat selalu mengalami peningkatan setiap tahun. Catatan Polda Jabar, arus mudik dan balik 2012 dilintasi 10.761.552 kendaraan, tahun 2013 sebanyak 11.501.265 kendaraan. Tahun ini kendaraan yang bakal melintas diprediksi mencapai 14 juta kendaraan roda dua dan empat.


"14-15 juta kendaraan ini diprediksi bakal melintas Jabar untuk roda dua dan empat. Peningkatan ini jika kita lihat rata-rata setiap tahunnya 6-7 persen," kata Wakapolda Jabar Brigjen Pol Rycko Amelza Dahniel, di Bandung, Sabtu (19/7).


Dari tahun-tahun sebelumnya puncak arus mudik terjadi pada H-3 hingga H-2. Dengan catatan bahwa kendaraan pada dua tahun ke belakang sudah mulai terurai sejak H-6.


"Untuk tahun 2012 H-2 arus mudik mencapai 1,3 juta kendaraan dan 2013 satu juta kendaraan, tapi yang 2013 ini H-3 sudah mengalami peningkatan dengan 939.092 kendaraan," ungkapnya. Dengan kondisi tersebut Polda Jabar mengaku bisa mengurai kemacetan karena kendaraan tidak adanya penumpukan di hari tertentu.


Tahun ini, Jenderal polisi bintang satu ini khawatir mengalami kelumpuhan. Dia menjelaskan aturan pemerintah yang memberi libur H-3 akan membuat pemudik baru berangkat H-2. Sehingga hari itu kendaraan diprediksi akan mengalami penumpukan di semua titik; Utara, Selatan dan Tengah.


"Bayangkan kalau penumpukan itu terjadi dalam satu hari," terangnya.


Polda Jabar hingga kini masih harap-harap cemas. Lewat Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, pihaknya telah menyurati Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk meminta waktu libur dipercepat. "Kalau libur di H-3 ini akan stuck," tandasnya.


Untuk pengamanan lebaran tahun ini dengan sandi operasi Ketupat Lodaya Polda Jabar 2014, sebanyak 20.944 personel dikerahkan. Belum lagi tambahan dari unsur lain seperti TNI, Satpol PP, Dishub Jabar.

0 Response to "Pemudik Yang Lalui Lintas Jabar Naik Menjadi 14 Juta Kendaraan"

Posting Komentar