H-1 Lebaran, Arus Mudik Pelabuhan Kayangan Lombok Ramai Lancar | Artikel Poster

H-1 Lebaran, Arus Mudik Pelabuhan Kayangan Lombok Ramai Lancar


H-1 Lebaran, Arus Mudik Pelabuhan Kayangan Lombok Ramai Lancar


Foto: Mudik Merak. ©2012 Artikel Poster

Reporter: Karolina Puspitasari


Artikel Poster - H-1 Lebaran, Arus Mudik Pelabuhan Kayangan Lombok Ramai Lancar | Situasi arus mudik di Pelabuhan Kayangan, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat hingga Minggu (27/7), atau satu hari sebelum (H-1) Idul Fitri 1435 Hijriah, masih ramai lancar.


"Meskipun ramai tidak ada antrean panjang di Pelabuhan Kayangan karena kapasitas kapal yang dioperasikan masih mencukupi," kata Manager PT ASDP Indonesian Ferry Kayangan M Yasin, seperti dikutip dari Antara, Minggu (27/7).


Yasin menyebutkan, kapal feri yang dioperasikan untuk melayani penyeberangan dari Pelabuhan Kayangan menuju Pelabuhan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), sebanyak sembilan unit per hari dari total 18 kapal yang memiliki izin operasional.


"Ada 18 kapal yang ada, tapi dioperasikan secara bergiliran atau terjadwal. Jumlah itu sudah sangat cukup, makanya tidak pernah ada antrean panjang di Pelabuhan Kayangan, meskipun pada saat puncak arus mudik," ujarnya.


Menurut Yasin, puncak arus mudik Lebaran di Pelabuhan Kayangan, sudah terjadi pada Jumat (25/7). Lonjakan penumpang kapal yang terjadi pada H-3 Lebaran tersebut erat kaitannya dengan hari terakhir kerja.


Sebagian besar pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua adalah warga yang akan pulang ke kampung halamannya di sejumlah daerah di Pulau Sumbawa, seperti Kabupaten Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu, Bima dan Kota Bima.


"Jumlah pemudik pada saat H-3 naik 10 persen dibandingkan periode yang sama pada momen Lebaran 2013. Tapi kalau dilihat dari secara kumulatif hingga H-1 jumlah pemudik yang melalui Pelabuhan Kayangan agak menurun dibandingkan pada 2013," kata Yasin.


Untuk keamanan dan kenyamanan para pemudik, kata dia, pihaknya menyediakan posko terpadu di areal pelabuhan.


Para pemudik memanfaatkannya untuk beristirahat dengan aman karena ada petugas kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Lombok Timur.


Posko tersebut juga dilengkapi dengan petugas medis yang siap memberikan bantuan cek kesehatan secara gratis.


"Kami mengedepankan pelayanan prima agar para pemudik bisa nyaman, aman dan selamat sampai di kampung halaman. Intinya semua aman dan lancar di Pelabuhan Kayangan," ujar Yasin.

0 Response to "H-1 Lebaran, Arus Mudik Pelabuhan Kayangan Lombok Ramai Lancar"

Posting Komentar