Timses: Jokowi Akan Beri Perhatian Khusus Soal Laut China Selatan | Artikel Poster

Timses: Jokowi Akan Beri Perhatian Khusus Soal Laut China Selatan


Timses: Jokowi Akan Beri Perhatian Khusus Soal Laut China Selatan



Foto: Debat Capres jilid III. ©2014 Artikel Poster


Reporter: Hasan Setyabudi





Artikel Poster - Timses: Jokowi Akan Beri Perhatian Khusus Soal Laut China Selatan | Ketua Departemen Pertahanan dan Keamanan DPP Partai NasDem, Guspiabri Sumowigeno menilai jawaban Jokowi atas pertanyaan Prabowo Subianto soal Laut Cina Selatan saat debat capres sangatlah bijak. Menurutnya, pandangan Jokowi atas Laut Cina Selatan menunjukkan karakter damai doktrin Poros Maritim.





"Persoalannya di sana memiliki kompleksitas yang tinggi karena merupakan titik pertemuan kepentingan semua negara besar di dunia. Jadi Indonesia harus hati-hati agar tidak merugi," ujar Guspiabri di media center Jokowi-JK, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (25/6).





Guspriabri menambahkan, kemampuan Indonesia saat ini terbatas untuk mempengaruhi situasi di Laut Cina Selatan. Namun, Indonesia tidak menutup kemungkinan untuk memberi terobosan baru.





"Seperti mendorong komunikasi antara Washington dan Beijing guna menemukan kata sepakat dalam persoalan ini," katanya.





Jokowi, lanjutnya, sangatlah memprioritaskan upaya menjaga integritas teritorial Indonesia. "Di mana wilayah Natuna memiliki ZEE yang tumpang tindij sebagian dengan klaim 9 garis terputus RRC," katanya.





Jika terpilih, Jokowi akan memelihara kepercayaan Cina pada Indonesia dan membangun perdamaian dengan negara-negara pengklaim Laut Cina Selatan.





"Sikap itu tepat karena proses diplomasi Laut Cina Selatan hanya bisa berjalan kembali jika perasaan terkepung RRC bisa disingkirkan," tuturnya.


0 Response to "Timses: Jokowi Akan Beri Perhatian Khusus Soal Laut China Selatan"

Posting Komentar