SBY: Indonesia Kini Sebagai Pemain Global, Bukan Cuma Pengekor | Artikel Poster

SBY: Indonesia Kini Sebagai Pemain Global, Bukan Cuma Pengekor


SBY: Indonesia Kini Sebagai Pemain Global, Bukan Cuma Pengekor



Foto: SBY main marching band. ©rumgapres/abror rizki


Reporter: Ridwan Ibrahim





Artikel Poster - SBY: Indonesia Kini Sebagai Pemain Global, Bukan Cuma Pengekor | Kemajuan teknologi yang begitu pesat di dunia, khusus di bidang militer membuat perkembangan yang luar biasa dalam sepuluh tahun ini. Perkembangan tersebut disampaikan Presiden SBY harus diikuti oleh anggota TNI sehingga mampu menghadapi berbagai ancaman dengan teknologi yang mutakhir.





Hal tersebut disampaikan ketika menjadi Inspektur upacara Prasetia Perwira di AAU Yogyakarta, Kamis (26/06).





"TNI harus bisa menghadapi berbagai macam ancaman, baik tradisional mau pun modern dan harus mampu menghadapi peperangan dengan teknologi canggih," kata SBY dalam pidatonya.





Untuk mewujudkan itu, pendidikan di akademi militer baik angkatan darat, udara dan laut harus meningkatkan kualitas lulusannya dengan cara membuat kurikulum serta memberikan keterampilan untuk menggunakan peralatan yang modern. SBY juga menegaskan, para anggota juga harus dilatih untuk melakukan operasi-operasi militer di luar perang.





"Kita punya sarana pusat keamanan perdamaian dunia, di situ kita bisa membekali anggota TNI kita untuk mengembangkan diri, melatih melakukan operasi militer di luar perang," tambah SBY.





SBY juga berpesan agar TNI senantiasa membangun anggota yang memiliki wawasan tentang geopolitik di Asia Tenggara, Asia Timur dan Pasifik Selatan. Wawasan tersebut menurutnya berguna untuk mengembangkan strategi pertahanan nasional dari serangan luar.





"Peta geopolitik selalu berubah, sehingga kita juga harus memutakhirkan strategi, doktrin pertahanan, karena harus sadar kita bangsa Indonesia kini sebagai pemain global, bukan cuma pengekor," ujarnya.





Pembangunan anggota TNI yang handal, menurut SBY harus dibarengi dengan pengembangan industri alutsista nasional yang canggih, sehingga Indonesia tidak tergantung kepada teknologi negara asing.





"Alutsista yang bisa kita produksi di dalam negeri, kita produksi sendiri, supaya masyarakat juga melihat bahwa kita mampu mengembangkan industri pertahanan nasional sendiri," tandasnya.


0 Response to "SBY: Indonesia Kini Sebagai Pemain Global, Bukan Cuma Pengekor"

Posting Komentar