BMKG Temukan 250 Titik Panas Baru Kebakaran Hutan Riau | Artikel Poster

BMKG Temukan 250 Titik Panas Baru Kebakaran Hutan Riau


BMKG Temukan 250 Titik Panas Baru Kebakaran Hutan Riau



Foto: Kebakaran hutan Riau. ©AFP PHOTO/Satgas Bencana Indonesia


Reporter: Chandra Wicaksana





Artikel Poster - BMKG Temukan 250 Titik Panas Baru Kebakaran Hutan Riau | Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau semakin menimbulkan asap dan titik api yang meningkat dari hari sebelumnya. Pada Sabtu (21/6)Satelit Terra dan Aqua BMKG mencatat sebanyak 250 titik panas (hotspot) di Riau, Dari 250 titik panas tersebut, terdapat 152 titik api (firespot) disejumlah kawasan hutan yang terbakar di Riau.





Baik titik api maupun titik panas meningkat dari sebelumnya, berdasarkan pantauan satelit Terra dan Aqua pada pukul 07.00 Wib tadi pagi menemukan sebanyak 250 titik panas, yang tersebar di 9 Kabupaten/kota propinsi Riau. Sementara untuk titik api, terdapat di 7 lokasi di Kabupaten/kota di Riau.





Kepala Bidang Data BNPB Pusat Agus Wibowo, mengatakan titik panas di Riau tersebar di 9 Kabupaten/kota, yaitu di kabupaten Siak terdapat 1 titik panas, kabupaten Kuansing 4 titik panas, kabupaten Inhil 5 titik panas, kabupaten Kampar 8 titik panas, kabupaten Pelalawan 9 titik panas, kabupaten Rohul 11 titik panas kotamadya Dumai 16 titik panas. Sementara di kabupaten Bengkalis 39 titik panas dan untuk wilayah titik panas paling banyak terdapat di kabupaten Rohil yaitu 157 titik panas.





"Sedangkan untuk titik api, Satelit menemukan ada sebanyak 152 titik di Riau, kabupaten Rohil masih mendominasi dengan jumlah 103 titik api, sementara di kabupaten Bengkalis ada 23 titik api, dan kotamadya Dumai 9 titik api, di kabupaten Rohul terdapat 8 titik api, kabupaten Kuansing dan kabupaten Pelalawan masing-masing 3 titik api, serta dibeberapa kawasan lain nya," ujar Agus.





Sementara itu, jarak pandang (Visibility), terendah di kota Rengat kabupaten Inhu hanya 3 Km, sedangkan jarak pandang di kabupaten Pelalawan dan kotamadya Dumai masing-masing 6 Km, dan jarak pandang Pekanbaru 8 Km.





"Sedangkan untuk cuaca, Riau diperkirakan cerah hingga berawan, dengan hujan ringan dan bersifat lokal terjadi di Wilayah Riau bagian Timur," pungkas Agus.


0 Response to "BMKG Temukan 250 Titik Panas Baru Kebakaran Hutan Riau"

Posting Komentar