CVR Air Asia QZ8501 Ditemukan Dalam Kondisi Baik | Artikel Poster

CVR Air Asia QZ8501 Ditemukan Dalam Kondisi Baik








Foto: Pencarian AirAsia QZ8501. ©AFP PHOTO/Pool


Reporter: Hasan Setyabudi





Artikel Poster - CVR Air Asia QZ8501 Ditemukan Dalam Kondisi Baik | Cockpit Voice Recorder (CVR), yang merupakan bagian dari kotak hitam atau black box, pesawat AirAsia QZ8501 akhirnya berhasil ditemukan. Penemuan ini sehari setelah bagian lain dari black box, Flight Data Recorder (FDR), juga ditemukan.





Panglima Koarmabar Laksamana Muda TNI Widodo menjelaskan CVR ditemukan di koordinat 83 derajat 27 menit 32 detik Lintang Selatan pagi tadi pada pukul 5.30 Wib.





"Ini sudah dilihat oleh KNKT, benar ini CVR dari AirAsia," ujar Widodo dalam jumpa pers di Lanud Iskandar, Pangkalanbun, Kalimantan Tengah, Selasa (13/1). CVR juga sudah dibawa ke pangkalan udara ini.





Widodo menjelaskan, CVR ditemukan oleh KN Jadayat. "Yang menemukan Lettu Laut Aang Zainal, Sertu Widodo Hadi dan Serda Rajab Suwarno," paparnya.





Dia menjelaskan, pada wilayah dasar laut ditemukannya CVR tidak ditemukan sayap pesawat. "Namun hanya puing-puing, dan ada mesin pesawat yang tertutup gundukan pasir," ujar dia.





Di lokasi yang sama, Ketua Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Tatang Kurniadi, menyatakan CVR ditemukan dalam kondisi baik. "Tidak ada bekasan bakar," ujarnya.





Seperti diketahui, kotak hitam secara umum terbagi dalam dua bagian, yakni flight data recorder (FDR) atau perekaman data penerbangan, dan cockpit voice recorder (CVR), atau perekaman suara kokpit. Secara umum, keduanya merupakan bagian yang tidak terpisahkan agar seluruh penyebab kecelakaan bisa teranalisis.


0 Response to "CVR Air Asia QZ8501 Ditemukan Dalam Kondisi Baik"

Posting Komentar