Harga BBM Turun, Tak Ada Alasan Kelangkaan Premium dan Solar | Artikel Poster

Harga BBM Turun, Tak Ada Alasan Kelangkaan Premium dan Solar


Harga BBM Turun, Tak Ada Alasan Kelangkaan Premium dan Solar



Foto: Premium di SPBU habis. ©2013 Artikel Poster


Reporter: Irwan Setyabudi





Artikel Poster - Harga BBM Turun, Tak Ada Alasan Kelangkaan Premium dan Solar | Pemerintah meminta PT Pertamina (Persero) bertanggung jawab penuh dalam menyediakan dan mendistribusikan jenis bahan bakar minyak (BBM) ke seluruh wilayah Indonesia. Dengan kata lain, tidak ada toleransi untuk kelangkaan BBM. Pertamina harus memastikan pasokan dan ketersediaan BBM di seluruh Indonesia aman.





"Dengan penugasan ini, Pertamina otomatis bertanggung jawab tidak ada kelangkaan BBM di seluruh pelosok Indonesia. Jadi sangat penting dan selalu siaga menyediakan pasokan BBM untuk masyarakat," ujar Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno di Kantor Kemenko, Jakarta, Rabu (31/12).





Pertamina juga diminta mengembangkan BBM Khusus. Ini merupakan BBM yang digunakan untuk wilayah di luar Jawa dan Bali. BBM ini merupakan bahan bakar yang diolah dari minyak bumi dan telah dicampurkan dengan bahan bakar nabati. BBM khusus juga tidak disubsidi.





Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said mengatakan, ini adalah kali pertama pemerintah memberi penugasan pada Pertamina untuk menyediakan dan mendistribusikan BBM khusus. "Dan selanjutnya penugasan itu diatur oleh Badan Pengatur," jelas dia.





Sekadar diketahui, untuk pertama kalinya pemerintah tidak lagi memberikan subsidi BBM jenis premium. Harga premium saat ini Rp 7.600 per liter. Kebijakan penghapusan subsidi dan penurunan harga merespon anjloknya harga minyak dunia mendekati asumsi harga minyak mentah Indonesia yang dipatok USD 60 per barel.


0 Response to "Harga BBM Turun, Tak Ada Alasan Kelangkaan Premium dan Solar"

Posting Komentar