KPU: Kami Bisa Saja Umumkan Hasil Pilpres Besok | Artikel Poster

KPU: Kami Bisa Saja Umumkan Hasil Pilpres Besok


KPU: Kami Bisa Saja Umumkan Hasil Pilpres Besok


Foto: Gedung KPU. ©2012 Artikel Poster

Reporter: Adi Kurniawan


Artikel Poster - KPU: Kami Bisa Saja Umumkan Hasil Pilpres Besok | Ketua KPU Husni Kamil Manik, mengatakan, pihaknya bisa saja mengumumkan hasil pilpres 2014 pada tanggal 21 Juli besok apabila hasil rekapitulasi suara bisa diselesaikan secepatnya.


"Kami menjadwalkan pengumuman itu tanggal 21 dan 22 Juli. Tapi untuk waktunya kami belum bisa menentukan," ungkapnya, kepada wartawan, di sela-sela Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Peserta Pemilu 2014, di kantor KPU Jakarta Pusat, Minggu (20/7).


Menurut dia, biasanya KPU berpedoman pada pendapat dari perwakilan KPU Provinsi, kabupaten/kota untuk memutuskan apakah kepastian waktu hasil pilpres. Dia mengatakan, saat ini pihaknya sedang mengebut perhitungan perolehan suara peserta pilpres yang ada di 33 provinsi Indonesia. "Untuk 33 dokumen yang mau dibaca itu cukup satu hari saja bahkan kalau perlu dikebut sampai setengah hari juga sudah selesai," ujarnya.


Meski demikian, pada hari Minggu (20/7) siang ini KPU akan mengumumkan hasil rekapitulasi pemilu di 12 provinsi terlebih dahulu. "Ada data dari 12 provinsi yang siap dibacakan pada hari ini," katanya.


Hasil rekapitulasi suara dari 12 provinsi itu antara lain dari Kalbar, NTB, Aceh, Sumsel, Kalsel, Kepri, Jambi, Bangka Belitung, DIY, Bengkulu, Jabar, Sulbar. Dia menegaskan, pembacaan hasil rekapitulasi suara itu, tidak dibatasi dengan durasi waktu tertentu. Menurut dia, semua anggota Panwas di setiap daerah akan menerima keputusan dari KPU. Hal ini karena perwakilan KPU di tiap daerah semuanya kooperatif.


"Dan kami berharap, saat hasil pilpres diumumkan semuanya bisa berjalan lancar," kata dia.


Diharapkan, dokumen hasil rekapitulasi suara di 12 provinsi mendapat perhatian dari para saksi yang hadir. Para saksi dari kedua pasangan capres baik Prabowo-Hatta maupun Jokowi-JK diharapkan mengkritisi dan membandingkan data yang ada di daerah.

0 Response to "KPU: Kami Bisa Saja Umumkan Hasil Pilpres Besok"

Posting Komentar