Bill Clinton Kunjungi Situs Peninggalan Tsunami di Aceh | Artikel Poster

Bill Clinton Kunjungi Situs Peninggalan Tsunami di Aceh


Bill Clinton Kunjungi Situs Peninggalan Tsunami di Aceh


Foto: Bill Clinton di Aceh. ©2014 Artikel Poster

Reporter: Rizky Alamsyah


Artikel Poster - Bill Clinton Kunjungi Situs Peninggalan Tsunami di Aceh | Mantan Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton mengunjungi sejumlah situs peninggalan tsunami yang telah dijadikan objek wisata, Sabtu (19/7). Dia didampingi Gubernur Aceh Zaini Abdullah dan Wali Nanggroe Aceh Malek Mahmud Alhaytar mengunjungi sejumlah tempat yang pernah dilanda tsunami 10 tahun silam.


Mantan utusan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk penanggulangan tsunami itu tiba di Bandara Internasional Sultan Isndandar Muda (SIM), Blang Bintang sekira pukul 11.00 WIB. Bill Clinton langsung menuju desa Lambung, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh.


Setiba di desa tersebut sekira pukul 11.30 WIB, Bill Clinton langsung menuju ke sebuah rumah yang rusak akibat diterjang arus tsunami 10 tahun silam. Saat di lokasi, Bill Clinton sempat terpaku melihat rumah tersebut dan juga melihat daftar nama masyarakat yang menjadi korban tsunami tertempel di rumah tersebut.


Kemudian Bill Clinton langsung menuju sebuah gedung Escape Building yang berada di samping rumah tadi. Gedung tersebut dibangun oleh bantuan negara Jepang, kemudian Bill Clinton didampingi oleh mantan Kepala Badan Regabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) Aceh-Nias, Kuntoro Mangkusubroton naik ke lantai dua gedung tersebut, dan di lantai dua sudah menunggu gubernur Aceh dan wali Nanggroe Aceh.


Pada kesempatan itu, Bill Clinton mengaku senang melihat perkembangan pembangunan kota Banda Aceh yang luluh-lantak pascatsunami. Sekarang dia melihat tidak ada lagi tanda-tanda daerah yang dilanda tsunami yang memporak-porandakan Banda Aceh.


"Bencana tsunami di Aceh waktu itu telah menggerakkan dunia internasional untuk membantu Aceh melalui pemerintah. Saya senang melihat situasi Aceh sudah baik kembali," tuturnya.


Setelah mengunjungi desa Lambung, Bill Clinton bersama rombongan dan didampingi langsung oleh Zaini Abdullah dan Malek Mahmud Alhaytar ingin bertemu dengan nelayan yang ada di desa Lhokseudu, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar.


Kemudian Bill Clinton juga mengunjungi Masjid Rahmatulah, Lampuuk yang selamat waktu Aceh diterjang tsunami 10 tahun silam. Sedangkan bangunan di sekitar masjid tersebut bersih disapu oleh gelombang dahsyat tsunami. Selain itu Bill Clinton juga mengunjungi sejumlah kuburan massal yang ada di Banda Aceh dan sekitaranya seperti di Lampuuk dan juga Ulee Lheue.

0 Response to "Bill Clinton Kunjungi Situs Peninggalan Tsunami di Aceh"

Posting Komentar