1 Agustus, Tiket Transjakarta Tidak Lagi Dijual di Halte Bus | Artikel Poster

1 Agustus, Tiket Transjakarta Tidak Lagi Dijual di Halte Bus


1 Agustus, Tiket Transjakarta Tidak Lagi Dijual di Halte Bus


Foto: Bus Transjakarta dari Telkomsel. ©istimewa

Reporter: Benny Wijaya


Artikel Poster - 1 Agustus, Tiket Transjakarta Tidak Lagi Dijual di Halte Bus | Mulai 1 Agustus, tiket bus Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB), Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB), Kopaja AC dan Kopami tidak dijual lagi di loket halte. Hal tersebut diputuskan dalam rapat yang digelar di kantor Dinas Perhubungan DKI yang melibatkan PT Transportasi Jakarta, Unit Pengelola Transjakarta Busway, serta para operator APTB dan BKTB.


Dirut PT Transjakarta, Antonius Steve Kosasih, mengatakan penghapusan tiket tersebut menyusul penerapan ticketing electronic (e-ticketing) yang akan dilakukan pada tanggal 18 Agustus 2014 di seluruh halte koridor 1 dan secara bertahap akan dilaksanakan pada seluruh koridor.


"Dengan diterapkannya sistem e-ticketing tersebut maka tidak akan dilakukan lagi penjualan tiket bus APTB dan BKTB di halte bus Transjakarta," ujar Kosasih dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (19/7).


Para penumpang akan dikenakan dua kali pembayaran. Setiap penumpang yang masuk ke halte dikenakan tiket Transjakarta melalui e-ticketing. Kemudian, jika ingin menggunakan APTB, BKTB, KOPAJA, KOPAMI baik untuk perjalanan dalam kota maupun luar kota, dikenakan tarif sesuai masing-masing operator.


"Terkait kebijakan tersebut, kami akan bekerja sama dengan Unit Pengelola Transjakarta Busway untuk melakukan komunikasi kepada masyarakat terkait hal ini," jelas dia.


Sementara itu, Kepala Unit Pengelola Transjakarta, Pargaulan Butarbutar mengatakan, dengan penerapan e-ticketing berarti seluruh pembayaran akan langsung masuk ke rekening Transjakarta. Untuk itu, apabila tiket APTB dan BKTB masih dijual di halte Transjakarta, maka pihaknya akan kesulitan memisahkan pembayaran tiket untuk Transjakarta, APTB, serta BKTB.


"Akan sulit dilakukan pemisahan pembayaran secara elektronik jika dalam halte penumpang tercampur antara penumpang Transjakarta dan penumpang APTB atau BKTB," kata Pargaulan.

0 Response to "1 Agustus, Tiket Transjakarta Tidak Lagi Dijual di Halte Bus"

Posting Komentar