Kemenag Pameksaan Lakukan Rukyatul Hilal | Artikel Poster

Kemenag Pameksaan Lakukan Rukyatul Hilal


Kemenag Pameksaan Lakukan Rukyatul Hilal


Foto: Rukyat Hilal. ©2014 Artikel Poster

Reporter: Ridwan Ibrahim


Artikel Poster - Kemenag Pameksaan Lakukan Rukyatul Hilal | Kantor Kementerian Agama Pamekasan, Jawa Timur, Minggu sore melakukan rukyatul hilal, yaitu pengamatan bulan secara langsung di pantai Ambat, Tlanakan untuk menentukan 1 Syawal atau hari raya lebaran.


"Rukyatul hilal ini sengaja kami gelar untuk melihat secara langsung kondisi bulan dalam menetapkan 1 Syawal 1435 Hijriah kali ini," kata Kepala Kantor Kemenag Pamekasan Juhedi di lokasi rukyatul hilal, seperti dikutip dari Antara, Minggu (27/7).


Pantai Ambat, yang terletak di Desa Ambat, Kecamatan Tlanakan ini, merupakan salah satu tempat yang ditunjuk oleh Menteri Agama sebagai salah satu tempat melakukan rukyatul hilal guna menetapkan tanggal 1 Ramadan dan 1 Syawal.


Setiap tahun, Badan Hisap dan Rukyatul Hilal Kantor Kementerian Agama (Kemenag) se-Madura, melakukan rukyatul hilal di lokasi ini.


"Rencananya rukyatul hilal kali ini tidak hanya dari Kemenag Pamekasan, akan tetapi juga dari Kemenag Sampang dan Sumenep," kata Juhedi.


Saat ini, tim rukyat dari Kemenag Pamekasan telah berkumpul di lokasi rukyat di Pantai Ambat, Desa Ambat, Kecamatan Tlanakan Pamekasan.


Selain dari Kantor Kemenag, rukyatul hilal juga digelar oleh perwakilan ormas Islam, seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Nahdlatul Ulama (NU) Pamekasan.


Selain itu, perwakilan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Pamekasan jurusan Syariah juga menggelar rukyatul hilal bersama tim rukyat dari Kemenag Pamekasan.

0 Response to "Kemenag Pameksaan Lakukan Rukyatul Hilal"

Posting Komentar